Tips Menjaga Kesehatan untuk Para Mahasiswa

Banyaknya kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa seringkali menyulitkan mereka untuk menemukan waktu untuk berolahraga. Aktivitas padat sering membuat mereka tidur larut malam dan mereka tidak peduli dengan apa yang mereka makan. Jadi, dengan gaya hidup yang tidak sehat, siswa sering merasa mulas, tipus dan sebagainya.

Padahal, dengan begitu banyak kegiatan yang perlu dilakukan, siswa diharapkan selalu sehat.

Tips Menjaga Kesehatan untuk Para Mahasiswa

Berikut adalah beberapa tips sehat untuk siswa yang perlu Anda ketahui:

1. Sarapan

Jadwal kelas pagi terkadang menyebabkan siswa sering mengabaikan sarapan. Padahal, sarapan adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan.

Sarapan diperlukan karena, tentu saja, ketika Anda bangun dari tidur, gula darah yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membuat otot dan fungsi otak Anda secara optimal biasanya dalam keadaan rendah. Karena itu, sarapan pagi dapat membantu tubuh Anda meningkatkan kadar gula darah. Juga, ketika Anda tidak sarapan, Anda akan cenderung makan lebih banyak di siang hari.

Sarapan juga dapat membantu Anda membakar kalori, menyediakan energi yang Anda butuhkan, membuat Anda lebih terkonsentrasi di perguruan tinggi. Memang, beberapa penelitian juga menemukan hubungan antara sarapan dan kesehatan yang optimal.

2. Perhatikan apa yang Anda makan

Makanan sehat tidak terlalu menarik. Dan sebaliknya, makanan cepat saji sangat menarik. Pada kenyataannya, makanan ini tidak baik untuk kesehatan.

Karena itu, untuk menjaga kesehatan, Anda perlu memperhatikan apa yang Anda makan. Hindari makanan yang kaya kalori, lemak jenuh dan kurangi jumlah gula dan garam di setiap makanan yang Anda makan. Jangan lupa memperbanyak makanan buah dan sayuran.

3. Minumlah air yang cukup

Konsumsi air yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga pola makan agar tidak berlebihan. Karena itu, untuk menjaga asupan air Anda, Anda bisa membawa minuman ke dalam botol saat Anda bepergian.

4. Hindari stres

Siswa sering stres karena banyaknya tenggat waktu tugas mereka. Akibatnya, siswa cenderung mudah sakit. Karena itu, untuk menghindari stres, Anda harus bisa mengelola stres. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah cukup tidur (7-8 jam sehari), menghindari narkoba dan alkohol, berteman dan mencoba menikmati waktu sendirian dengan pergi keluar, menonton film dan sebagainya.

5. Jangan merokok

Rokok sering digunakan sebagai jalan keluar ketika siswa mengalami stres. Pada kenyataannya, apa pun alasannya, merokok tidak baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa merokok merusak semua organ tubuh, menyebabkan banyak penyakit dan bahkan dapat merusak yang ada di sekitar Anda ketika Anda merokok.

Karena itu, hindari merokok. Atau jika Anda sudah merokok, berhentilah. Karena berhenti merokok pasti akan memiliki banyak manfaat jangka panjang bagi tubuh Anda.

6. Tingkatkan latihan

Tidak peduli sesibuk apa pun Anda, luangkan waktu untuk melatih diri. Olahraga dapat membantu Anda mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki suasana hati. Selanjutnya, olahraga juga bisa meningkatkan kekuatan otot dan beradaptasi. Sekalipun sulit, Anda tetap harus memulai dengan bentuk olahraga sederhana seperti berjalan atau jogging.

7. Tidur yang cukup

Kurang tidur adalah hal biasa yang sering terjadi di kalangan siswa. Tidak peduli seberapa padat bisnis Anda, Anda perlu menyesuaikan waktu tidur Anda agar tetap sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidur yang cukup dapat mempertahankan tingkat energi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, berpikir jernih, dan meningkatkan suasana hati.

Selain itu, semua aktivitas yang berlangsung hingga larut malam juga dapat mengganggu kualitas dan pola tidur, meningkatkan produksi hormon stres. Karena itu, cobalah untuk menentukan waktu tidur yang konstan dan mempertahankan gaya hidup sehat seperti menghindari kafein, nikotin, atau alkohol yang dapat mengganggu tidur Anda.

Baca Juga :