Manfaat kedelai Bagi Kesehatan Berdasarkan Kandungan Gizinya

Manfaat kedelai Bagi Kesehatan Berdasarkan Kandungan Gizinya

Kacang kedelai adalah salah satu kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi bermanfaat bagi tubuh.

Di Indonesia, ada banyak kedelai olahan seperti tempe, tahu dan susu kedelai. Di berbagai negara, seperti Jepang dan Cina, kedelai adalah salah satu makanan yang dikonsumsi oleh hampir semua penduduk.

Manfaat Kedelai

Ini sangat penting dari sudut pandang tingkat kesehatan penduduk negara itu. Karena itu, kita juga harus mengenal manfaat kedelai serta kandungan gizi dan efek samping kedelai ini.

Manfaat nutrisi kedelai untuk tubuh selama 180 g
Manfaat Kedelai bagi Kesehatan
Peningkatan konsumsi makanan berbasis kedelai sangat efektif dalam menurunkan kolesterol LDL.

Penelitian telah menunjukkan bahwa protein kedelai bermanfaat dalam menurunkan kolesterol plasma, kolesterol LDL dan trigliserida.
Studi terbaru menunjukkan bahwa isoflavon, daidzein dan genistein dalam kedelai memberikan perlindungan tinggi terhadap kanker payudara, usus besar dan prostat. Kedua isoflavon bertindak sebagai fitoestrogen, yang kemudian membantu mengurangi efek estrogen dan menetralkan beberapa kemungkinan tumor estrogen.
Konsumsi teratur produk-produk berbasis kedelai mengurangi risiko penyakit jantung koroner karena pengurangan lemak darah, kolesterol LDL, homocysteine, dan tekanan darah.
Kedelai sangat berguna untuk menurunkan berat badan karena merupakan sumber serat yang baik yang membantu menurunkan berat badan ketika diganti dengan makanan berkalori tinggi. Kedelai memberikan rasa kenyang dan kenyang di antara waktu makan dan mengurangi keinginan untuk kelaparan. Akhirnya, ini membantu untuk menghindari konsumsi yang tidak perlu dan asupan kalori yang berlebihan, yang jika tidak dapat menyebabkan kenaikan berat badan
Kedelai mengandung asam lemak omega-3, yang penting bagi kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 yang penting ini mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Meskipun kedelai memiliki kandungan lemak lebih tinggi daripada kacang lainnya, seperti borlotti dan kacang laut, mereka juga mengandung omega-3 yang sehat dari hati ini.
Lecithin, yang ditemukan dalam kacang kedelai, menurunkan kolesterol darah, mencegah perkembangan dan pengerasan pembuluh darah, dan mencegah pembentukan jantung, otak, ginjal, dan mata.
Selain itu, lesitin diketahui meningkatkan kadar gamma globulinemia, yang pada gilirannya memberikan kekebalan yang lebih besar dan perlindungan yang lebih baik terhadap serangan berbagai infeksi.
Kedelai sangat penting untuk pencegahan diabetes, karena indeks glikemik yang lebih rendah membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil, membuat diabetes lebih mudah dikendalikan.

Kacang kedelai kaya serat, yang membantu menstabilkan kadar gula darah.
Wanita menopause mendapat manfaat besar dari kedelai karena mereka mengurangi hot flashes dan melindungi tulang dari menjadi lemah dan rapuh. Karena wanita pascamenopause berisiko tinggi mengalami osteoporosis, kedelai membantu menjaga kesehatan tulang.
Efek samping kedelai

Manfaat Kedelai
Kedelai mentah mengandung zat yang disebut goitrogen yang dapat mengganggu aktivitas tiroid.

Kedelai juga mengandung oksalat, oleh karena itu, mereka yang memiliki masalah oksalat harus menghindari konsumsi kedelai yang berlebihan karena hal ini dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal.

Oleh karena itu, wanita dengan kanker payudara harus membatasi asupan kedelai mereka tidak lebih dari empat porsi per minggu.

Meskipun tidak ada penelitian pasti yang menunjukkan bahwa makanan kaya kedelai dikonsumsi oleh wanita, wanita yang memiliki reseptor estrogen atau kanker payudara positif harus membatasi asupan kedelai dan menjauhkan diri dari suplemen kedelai dengan isoflavon.

Baca Juga :