Daftar makanan sehat untuk penderita diabetes

Tidak semua makanan baik untuk penderita diabetes. Kadar gula darah yang naik dengan mudah membuatnya perlu berhati-hati dan berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Agar kondisi kesehatan Anda tetap stabil, kami mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang direkomendasikan untuk penderita diabetes di bawah ini.

Daftar makanan sehat untuk penderita diabetes

Berikut beberapa pilihan makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes:

1. Sayuran hijau gelap

Bayam, sawi, brokoli, dan kubis termasuk sayuran berdaun hijau tua yang kaya akan vitamin dan mineral. Jajaran sayuran ini mengandung vitamin A, C, E, K, zat besi, kalsium dan kalium yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian dengan diabetes.

Lebih jauh lagi, kandungan rendah kalori dan karbohidrat tidak secara langsung meningkatkan kadar gula darah. Serat yang terkandung juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Untuk ini, tidak ada salahnya mengonsumsi sayuran hijau setiap hari jika Anda menderita diabetes.

2. Ikan yang kaya akan asam lemak omega 3
ikan tersehat
Omega 3 adalah salah satu nutrisi yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah pada penderita diabetes, sehingga tidak terlalu tinggi. Selanjutnya, asam lemak omega 3 dapat membantu mengurangi munculnya komplikasi akibat diabetes seperti penyakit jantung, peradangan dan hipertensi.

Salah satu sumber terbaik omega 3 adalah ikan. Untuk mendapatkan manfaat penting dari nutrisi ini, cobalah mengonsumsi salmon, sarden, dan tuna putih.

Cobalah mengolahnya dengan memasaknya atau mengukusnya sehingga tidak ada kelebihan karbohidrat dan kalori yang benar-benar membuat proses ini tidak sehat.

American Diabetes Association Standards of Medical Care Diabetes merekomendasikan penderita diabetes makan ikan berlemak dua kali seminggu.

3. Kedelai
edamame kedelai
Sebuah studi yang diprakarsai oleh Young-Cheul Kim di University of Massachusetts Amherst menyatakan bahwa kedelai adalah makanan kesehatan bagi penderita diabetes.

Kedelai mengandung isoflavon yang dapat mengurangi diabetes dan risiko penyakit jantung. Makan makanan yang mengandung kedelai telah terbukti mengurangi kolesterol, kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sensitivitas insulin adalah suatu kondisi yang menggambarkan sensitivitas sel-sel tubuh dalam merespons insulin. Ketika sensitivitasnya tinggi, sel-sel tubuh dapat menggunakan gula darah lebih efektif, sehingga mengurangi kadar gula dalam darah.

Selain itu, kedelai juga kaya protein dan serat dengan indeks glikemik rendah. Makanan dengan nilai indeks glikemik rendah membantu menjaga kadar gula darah stabil.

Tidak hanya itu, serat dan protein juga membantu penderita diabetes tetap kenyang untuk waktu yang lama. Jangan jadi gila saat makan, yang bisa membuat penyakit semakin parah.

Karena itu, mulailah mengonsumsi kedelai secara teratur. Makanan kedelai juga bisa menjadi camilan sehat yang menyegarkan perut saat lapar.

4. Susu dan yogurt
berhenti minum susu
Bukan rahasia lagi bahwa produk susu dan yogurt kaya akan kalsium dan vitamin D. Namun, tahukah Anda bahwa keduanya adalah makanan yang baik untuk penderita diabetes?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menyatakan bahwa produk susu termasuk yogurt memiliki vitamin, mineral, dan protein berkualitas tinggi yang baik untuk penderita diabetes.

Selain itu, produk susu dan yogurt juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya, gula darah tidak akan meningkat dengan cepat atau akan cenderung stabil jika Anda mengonsumsi makanan ini.

Yoghurt Yunani adalah makanan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes karena mengandung probiotik, kalsium, dan protein sehat. Jenis ini bahkan lebih baik daripada yogurt biasa karena kandungan proteinnya lebih tinggi dan karbohidratnya lebih rendah.

Semua nutrisi yang terkandung dalam produk susu dan yogurt membantu mempercepat metabolisme dan mengurangi risiko resistensi insulin pada penderita diabetes.

5. Sayuran non-tepung
resep brokoli
Tidak banyak orang tahu bahwa beberapa sayuran mengandung pati dan yang lainnya tidak. Sayuran bertepung adalah sayuran berkarbohidrat tinggi dengan indeks glikemik tinggi.

Sementara sayuran non-pati adalah sebal, karbohidrat cenderung rendah dengan indeks glikemik rendah. Ketika indeks glikemik makanan rendah, Anda tidak perlu khawatir tentang makanan ini meningkatkan kadar gula darah.

Makanan dengan indeks glikemik rendah menjaga gula darah stabil karena penyerapannya cenderung lambat. Untuk alasan ini, jenis makanan ini sangat dianjurkan untuk penderita diabetes. Berbagai sayuran non-tepung yang dapat Anda konsumsi adalah brokoli, sawi dan wortel.

6. Tomat
tomat jika penyebab encok menguntungkan sayuran merah
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan bahwa mengonsumsi 200 gram tomat mentah (1,5 tomat) .

Baca jaga :